Tugas Softskill
Segmentasi Pasar
Nama :
Rizka Mutiara H
Kelas : 3EA11
NPM : 16211318
Mata
Kuliah : Softskill ( Perilaku
Konsumen )
Universitas Gunadarma
Kelapa Dua
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan
kehadirat Tuhan YME atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis,
sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Segmentasi pasar”
ini dengan lancar. Penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu
tugas yang diberikan oleh dosen mata kuliah Softskill Ibu Rini Wahyuningrum
Makalah ini ditulis dari hasil
penyusunan data-data sekunder yang penulis peroleh dari buku panduan yang
berkaitan dengan Segmentasi Pasar, serta infomasi dari media massa yang
berhubungan dengan Segmentasi Pasar, tak lupa penyusun ucapkan terima kasih
kepada pengajar mata kuliah Softskill dan kepada teman-teman mahasiswa yang
telah mendukung dalam penyusunan makalah Segmentasi Pasar ini.
Penulis berharap, dengan membaca
makalah ini dapat memberi manfaat bagi kita semua, dalam hal ini dapat menambah
wawasan kita mengenai Segmentasi Pasar. Memang makalah ini masih jauh dari
sempurna, maka penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca demi
perbaikan menuju arah yang lebih baik.
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Pasar terdiri dari banyak pembeli, dan pembeli berbeda dalam banyak hal baik
dalam motif, perilaku, maupun kebiasaan pembelian. Perbedaan tersebut
menunjukkan bahwa pasar suatu produk tidak homogen, tetapi heterogen. Hal
inilah yang mendorong perusahaan melakukan segmentasi pasar. Segmentasi merupakan
pengelompokan pembeli dalam suatu pasar yang memiliki kebutuhan dan tingkah
laku yang sama.
Untuk itu dalam makalah ini saya akan membahas mengenai manfaat dan kriteria
Segmentasi Pasar.
B.
TOPIK
PEMBAHASAN
1. Segmentasi
Pasar
2. Manfaat
Segmentasi Pasar
3. Kriteria
Segmentasi
C.
MAKSUD DAN
TUJUAN
Untuk mengetahui hal-hal mengenai
Segmentasi Pasar dan untuk memenuhi tugas mata kuliah softskill Perilaku
Konsumen
BAB II
ISI
v SEGMENTASI
PASAR
Pasar terdiri dari banyak pembeli, dan pembeli berbeda dalam banyak hal baik
dalam motif, perilaku, maupun kebiasaan pembelian. Perbedaan tersebut
menunjukkan bahwa pasar suatu produk tidak homogen, tetapi heterogen. Hal
inilah yang mendorong perusahaan melakukan segmentasi pasar. Segmentasi
merupakan pengelompokan pembeli dalam suatu pasar yang memiliki kebutuhan dan
tingkah laku yang sama.
Latar
belakang pentingnya segmentasi bagi perusahaan disebabkan antara lain karena
segmentasi memungkinkan perusahaan lebih terfokus dalam mengalokasi sumber
daya. Kedua, segmentasi merupakan basis untuk menentukan komponen-komponen
strategi, taktik dan value secara keseluruhan. Segmentasi yang disertai dengan
pemilihan target market akan memberikan suatu acuan dan basis bagi penentuan
positioning. Ketiga segmentasi merupakan faktor kunci untuk mengalahkan
pesaing.
v MANFAAT SEGMENTASI PASAR
Salah satu alasan perusahaan melakukan segmentasi untuk meningkatkan
efektivitas strategi pemasaran yang telah disusun, serta lebih terarah dan
sumber daya perusahaan dapat digunakan secara efektif dan efisien. Segmentasi
yang berorientasi pada peningkatan pemasaran akan memberikan keuntungan bagi
pebisnis dan pelanggan, yaitu:
1.
Menyediakan
keinginan dan kebutuhan pelanggan dengan lebih baik
Produsen dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan
pelanggan yang bervariasi dengan menggunakan pola berbeda, insentif dan
kegiatan promosi yang bebeda pada setiap segmen yang dituju. Contoh : Belanja
online dalam produknya mengelompokkan konsumen kedalam kelompok pribadi , bisnis
besar , bisnis kecil , organisasi ataupun masyarakat . Hal ini terbukti karena
dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan para konsumen yang lebih praktis ,
dengan mudah konsumen dapat membeli makan dengan cepat dan mudah tanpa harus
mengunjungi tempat tersebut dengan telephone sudah bisa membeli makanan
tersebut .
2. Meningkatkan pendapatan
Lebih sulit bagi produsen untuk menaikkan harga pada seluruh pasar. Kecuali
jika produsen mengelompokkan segmen premium yang akan menerima harga yang lebih
mahal. Dengan segmentasi perusahaan mengetahui pasar mana yang berpotensi dapat
meningkatkan pendapatannya lebih besar.
3. Peluang untuk tumbuh
Dengan segmentasi pasar organisasi dapat menciptakan ‘niche product’ yang akan
menarik konsumen lain untuk mencoba dan kemudian membeli produk tersebut.
v KRITERIA SEGMENTASI
Variabel-variabel utama yang biasa digunakan untuk mensegmentasikan pasar
konsumen dengan memperhatikan faktor karakteristik konsumen yaitu letak
geografi, demografi, dan psikografi. Segmentasi geografis membagi-bagi pasar ke
dalam unit-unit geografis seperti wilayah, kota, desa dan iklim. Misal sepatu
ski dipasarkan pada wilayah tertentu dan tidak akan dijual di wilayah tropis
yang hanya mempunyai 2 musim saja.
Segmentasi demografis memisahkan pasar ke dalam kelompok-kelompok yang
didasarkan pada variael umur, jenis kelamin, status, pendapatan, pekerjaan,
pendidikan agama, kewarganegaraan dan kelompok umur. Contoh dari segmentasi
pasar antara lain produsen “ Sepatu Bata “ yaitu membedakan ukuran , model ,
dan warna sepatu . Seaptu Bata ini dapat digunakan untuk pria dan wanita dari
anak – anak sampai orang dewasa .
Segmentasi
psikografi membagi-bagi konsumen ke dalam kelompok-kelompok yang didasarkan
menurut status sosial, gaya hidup dan kepribadian. Misal nya Perusahaan Toyota
Mobil yang memproduksi berbagai jenis mobil dari harga yang murah sampai harga
yang mahal . Dan dari berbagai bentuk modifikasi mobil yang diinginkan
konsumen.
Segmentasi perilaku antara lain produsen pasta
gigi yang memperhatikan variabel manfaat yang dicari dalam mensegmentasikan
pasarnya. Misal , handbody “ Citra “ yang menawarkan manfaat perlindungan
kepada kulit tubuh agar terlihat lebih putih , bersinar , dan tidak kusam
sehingga para konsumen tertarik untuk membeli dan mengkonsumsi produk
tersebut.
Beberapa
Contoh Kasus Segmentasi Pasar :
1.
Perusahaan
Toyota Mobil membidik loyal customer . Untuk membidik segmen tersebut Toyota
mengedepankan perusahaannya untuk jadi ujung tombak . Salah satu nya
meluncurkan “ Toyota Agya “ untuk menguasai mangsa pasar . Toyota Agya ini merupakan
mobil murah yang berkualitas tinggi dengan diluncurkan mobil konsumen yang
berpendapatan sedang bisa memiliki mobil tersebut untuk melengkapi kebutuhan
hidupnya . Toyota Agya ini merupakan motivasi bagi perusahaan untuk
meningkatkan kualitas produk dan perusahaan tersebut . Berikut uraian Toyata
Agya :
2.
Agya hadir dengan tiga pilihan matik dan manual yaitu
tipe E, G, dan TRD S. Harganya berkisar antara Rp 99,9 juta hingga Rp 120 juta.
Johnny yakin, Astra Toyota Agya akan menjadi salah satu pilihan yang akan mampu
memberikan kepuasan kepada pelanggan. Sebab, mobil itu menjanjikan value
for money yang tidak akan kalah menarik ketimbang jajaran produk Toyota
lainnya. Kendaraan ini juga didesain mengacu pada standar global untuk
kelasnya.
3.
Dikatakan, penggunaan Mesin 1 KR 1.000 cc membuat
performa Astra Toyota Agya tidak hanya kuat bertenaga dan efisien dalam
penggunaan bahan bakar, tapi juga ramah lingkungan. Selain itu, semua varian
Astra Toyota Agya juga dilengkapi dengan power steering dan dual
SRS airbags.
4.
Menurut dia, kehadiran Astra Toyota Agya diharapkan
akan semakin memperkuat posisi segmen mobil kompak di pasar mobil nasional yang
memperlihatkan peningkatan signifikan. Tahun 2007, total pasar segmen mobil
kompak baru mencapai 44.888 unit, tahun 2012 lalu total pasar segmen ini
meningkat hampir tiga kali lipat menjadi 118.244 unit. Sedangkan tahun 2013
ini, total pasar segmen mobil kompak mencatat penjualan 81.098 unit sepanjang
Januari hingga Juli, meningkat 25% dibanding tahun lalu.
5.
“Kami berharap semoga Astra Toyota Agya yang telah lama
ditunggu oleh masyarakat Indonesia ini dapat diterima dengan baik.
BAB III
PENUTUP
Ø Kesimpulan
Untuk itu sebisa mungkin kita harus dapat memanfaatkan peluang-peluang usaha
yang ada dalam segmentasi pasar.
DAFTAR PUSTAKA http://www.beritasatu.com/otomotif/137198-agya-perkuat-segmen-mobil-kompak-toyota.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar