Jumat, 01 November 2013

Tugas Softskill ( Segmentsi Pasar dan Pembelian )



Tugas Softskill
Segmentasi Pasar












 











Nama                    : Rizka Mutiara H
    Kelas                     : 3EA11
                                                                    NPM                      : 16211318
                                Mata Kuliah        : Softskill ( Perilaku Konsumen )

Universitas Gunadarma
Kelapa Dua






KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan YME atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Segmentasi pasar” ini dengan lancar. Penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen mata kuliah Softskill Ibu Rini Wahyuningrum
Makalah ini ditulis dari hasil penyusunan data-data sekunder yang penulis peroleh dari buku panduan yang berkaitan dengan Segmentasi Pasar, serta infomasi dari media massa yang berhubungan dengan Segmentasi Pasar, tak lupa penyusun ucapkan terima kasih kepada pengajar mata kuliah Softskill dan kepada teman-teman mahasiswa yang telah mendukung dalam penyusunan makalah Segmentasi Pasar ini.
Penulis berharap, dengan membaca makalah ini dapat memberi manfaat bagi kita semua, dalam hal ini dapat menambah wawasan kita mengenai Segmentasi Pasar. Memang makalah ini masih jauh dari sempurna, maka penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca demi perbaikan menuju arah yang lebih baik.











BAB I
PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG
          Pasar terdiri dari banyak pembeli, dan pembeli berbeda dalam banyak hal baik dalam motif, perilaku, maupun kebiasaan pembelian. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa pasar suatu produk tidak homogen, tetapi heterogen. Hal inilah yang mendorong perusahaan melakukan segmentasi pasar. Segmentasi merupakan pengelompokan pembeli dalam suatu pasar yang memiliki kebutuhan dan tingkah laku yang sama.
          Untuk itu dalam makalah ini saya akan membahas mengenai manfaat dan kriteria Segmentasi Pasar.

B.   TOPIK PEMBAHASAN
1.     Segmentasi Pasar
2.     Manfaat Segmentasi Pasar
3.     Kriteria Segmentasi

C.   MAKSUD DAN TUJUAN
Untuk mengetahui hal-hal mengenai Segmentasi Pasar dan untuk memenuhi tugas mata kuliah softskill Perilaku Konsumen








BAB II
ISI

v SEGMENTASI PASAR
          Pasar terdiri dari banyak pembeli, dan pembeli berbeda dalam banyak hal baik dalam motif, perilaku, maupun kebiasaan pembelian. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa pasar suatu produk tidak homogen, tetapi heterogen. Hal inilah yang mendorong perusahaan melakukan segmentasi pasar. Segmentasi merupakan pengelompokan pembeli dalam suatu pasar yang memiliki kebutuhan dan tingkah laku yang sama.
          Latar belakang pentingnya segmentasi bagi perusahaan disebabkan antara lain karena segmentasi memungkinkan perusahaan lebih terfokus dalam mengalokasi sumber daya. Kedua, segmentasi merupakan basis untuk menentukan komponen-komponen strategi, taktik dan value secara keseluruhan. Segmentasi yang disertai dengan pemilihan target market akan memberikan suatu acuan dan basis bagi penentuan positioning. Ketiga segmentasi merupakan faktor kunci untuk mengalahkan pesaing.
v MANFAAT SEGMENTASI PASAR
          Salah satu alasan perusahaan melakukan segmentasi untuk meningkatkan efektivitas strategi pemasaran yang telah disusun, serta lebih terarah dan sumber daya perusahaan dapat digunakan secara efektif dan efisien. Segmentasi yang berorientasi pada peningkatan pemasaran akan memberikan keuntungan bagi pebisnis dan pelanggan, yaitu:
1.     Menyediakan keinginan dan kebutuhan pelanggan dengan lebih baik
Produsen dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan pelanggan yang bervariasi dengan menggunakan pola berbeda, insentif dan kegiatan promosi yang bebeda pada setiap segmen yang dituju. Contoh : Belanja online dalam produknya mengelompokkan konsumen kedalam kelompok pribadi , bisnis besar , bisnis kecil , organisasi ataupun masyarakat . Hal ini terbukti karena dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan para konsumen yang lebih praktis , dengan mudah konsumen dapat membeli makan dengan cepat dan mudah tanpa harus mengunjungi tempat tersebut dengan telephone sudah bisa membeli makanan tersebut .
2. Meningkatkan pendapatan
          Lebih sulit bagi produsen untuk menaikkan harga pada seluruh pasar. Kecuali jika produsen mengelompokkan segmen premium yang akan menerima harga yang lebih mahal. Dengan segmentasi perusahaan mengetahui pasar mana yang berpotensi dapat meningkatkan pendapatannya lebih besar.
3. Peluang untuk tumbuh
          Dengan segmentasi pasar organisasi dapat menciptakan ‘niche product’ yang akan menarik konsumen lain untuk mencoba dan kemudian membeli produk tersebut.
v KRITERIA SEGMENTASI
          Variabel-variabel utama yang biasa digunakan untuk mensegmentasikan pasar konsumen dengan memperhatikan faktor karakteristik konsumen yaitu letak geografi, demografi, dan psikografi. Segmentasi geografis membagi-bagi pasar ke dalam unit-unit geografis seperti wilayah, kota, desa dan iklim. Misal sepatu ski dipasarkan pada wilayah tertentu dan tidak akan dijual di wilayah tropis yang hanya mempunyai 2 musim saja.
          Segmentasi demografis memisahkan pasar ke dalam kelompok-kelompok yang didasarkan pada variael umur, jenis kelamin, status, pendapatan, pekerjaan, pendidikan agama, kewarganegaraan dan kelompok umur. Contoh dari segmentasi pasar antara lain produsen “ Sepatu Bata “ yaitu membedakan ukuran , model , dan warna sepatu . Seaptu Bata ini dapat digunakan untuk pria dan wanita dari anak – anak sampai orang dewasa .
Segmentasi psikografi membagi-bagi konsumen ke dalam kelompok-kelompok yang didasarkan menurut status sosial, gaya hidup dan kepribadian. Misal nya Perusahaan Toyota Mobil yang memproduksi berbagai jenis mobil dari harga yang murah sampai harga yang mahal . Dan dari berbagai bentuk modifikasi mobil yang diinginkan konsumen.
 Segmentasi perilaku antara lain produsen pasta gigi yang memperhatikan variabel manfaat yang dicari dalam mensegmentasikan pasarnya. Misal , handbody “ Citra “ yang menawarkan manfaat perlindungan kepada kulit tubuh agar terlihat lebih putih , bersinar , dan tidak kusam sehingga para konsumen tertarik untuk membeli dan mengkonsumsi produk tersebut. 

Beberapa Contoh Kasus Segmentasi Pasar     :
1.      Perusahaan Toyota Mobil membidik loyal customer . Untuk membidik segmen tersebut Toyota mengedepankan perusahaannya untuk jadi ujung tombak . Salah satu nya meluncurkan “ Toyota Agya “ untuk menguasai mangsa pasar . Toyota Agya ini merupakan mobil murah yang berkualitas tinggi dengan diluncurkan mobil konsumen yang berpendapatan sedang bisa memiliki mobil tersebut untuk melengkapi kebutuhan hidupnya . Toyota Agya ini merupakan motivasi bagi perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk dan perusahaan tersebut . Berikut uraian Toyata Agya :
2.      Agya hadir dengan tiga pilihan matik dan manual yaitu tipe E, G, dan TRD S. Harganya berkisar antara Rp 99,9 juta hingga Rp 120 juta. Johnny yakin, Astra Toyota Agya akan menjadi salah satu pilihan yang akan mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan. Sebab, mobil itu menjanjikan value for money yang tidak akan kalah menarik ketimbang jajaran produk Toyota lainnya. Kendaraan ini juga didesain mengacu pada standar global untuk kelasnya.
3.      Dikatakan, penggunaan Mesin 1 KR 1.000 cc membuat performa Astra Toyota Agya tidak hanya kuat bertenaga dan efisien dalam penggunaan bahan bakar, tapi juga ramah lingkungan. Selain itu, semua varian Astra Toyota Agya juga dilengkapi dengan power steering dan dual SRS airbags.
4.      Menurut dia, kehadiran Astra Toyota Agya diharapkan akan semakin memperkuat posisi segmen mobil kompak di pasar mobil nasional yang memperlihatkan peningkatan signifikan. Tahun 2007, total pasar segmen mobil kompak baru mencapai 44.888 unit, tahun 2012 lalu total pasar segmen ini meningkat hampir tiga kali lipat menjadi 118.244 unit. Sedangkan tahun 2013 ini, total pasar segmen mobil kompak mencatat penjualan 81.098 unit sepanjang Januari hingga Juli, meningkat 25% dibanding tahun lalu.
5.      “Kami berharap semoga Astra Toyota Agya yang telah lama ditunggu oleh masyarakat Indonesia ini dapat diterima dengan baik.




















BAB III
PENUTUP

Ø Kesimpulan
          Untuk itu sebisa mungkin kita harus dapat memanfaatkan peluang-peluang usaha yang ada dalam segmentasi pasar.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.beritasatu.com/otomotif/137198-agya-perkuat-segmen-mobil-kompak-toyota.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar